Kamis, 03 Oktober 2019

TAMAN SMPN 1 KUNIR LUMAJANG

KEGIATAN SEKOLAH
MEMANFAATKAN LAHAN DAN FASILITAS SEKOLAH SESUAI KAIDAH LH UNTUK TAMAN

SMP Negeri 1 Kunir merupakan Sekolah Standar Nasiona yang berada di DesKunir Lor Kecamata Kuni Kabupaten Lumajang dengan jumlah siswa lebih dari 700 siswa , guru dan karyawan 54 orang sangat berpotensi untuk ikut menentukan upaya penjagaan dan pelestariasumber daya alam dimasmendatang. 
Menghidupkan Taman Sekolah merupaka program yang harus dilaksanakan. Diantaranymengulang penataan dan penanamatanamapada tanamasekolayaitu dengamengganti tatletak tanaman,penganekaragamatanaman,atau penambahan luabidang tanamPrograMenghidupkan taman Sekolah ini dibuaterkaidengan masih banyaknya sekolah yang mempunyataman tetapi tidak tertata dengan baik. Beberapa upaya dalamenerapkan program ini terhadawarga sekolahMelalui PrograAdiwiyata yang dikembangkan sekolah, dengan mengajak warga sekolah untuk melaksanakan proses pembelajaran dan pendidikamateri lingkungan hidup sehingga dikemudian hari pada peserta dididapat berpartisipasi melestarikadamenjaga lingkungahidup baik disekolah, dilingkungan keluarga, lingkungan masyarakat di mana peserta didik tinggal maupun dimana saja peserta didik berada. Disisi lain akan tercipta sekolah sebagai tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahua berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusimenuju terciptanya kesejahteraan hidup dan menuju pembangunan yang berkelanjutan.
Tujuan Program Taman ini dimaksudkan untuk menciptakan kondisi sekolah yang baik untuk menjadtempat pembelajaran dan penyadaran bagi warga sekolah, sehingga dikemudian harwargsekolah dapaikut bertanggung jawab dalaupaya menyelamatkan lingkungan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan.Adapun tujuan utamadalah mewujutkan kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan adalah :
1.   Meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan operasional sekolah dan penggunaan berbagasumber daya.
2.   Meningkatkan penghematan sumber daya melalui pengurangan konsumsi berbagai sumber daya daenergi.
3.   Meningkatkan kualitas kondisi pembelajaran yang lebih nyaman dan kondusif bagi semua warga sekolah.
4.   Menciptakan kondisi kebersamaabagi semua warga sekolah.
5.   Dapat meningkatkan upaya menghindari berbagai resiko dampak lingkungan negatif dimasa yang akan datang.
6.   Menjadi tempat pembelajaran bagi generasi muda tentang nilai  nilai pemeliharaan dan pengelolaalingkungan hidup yang baik dabenar.

Beberapa upaya dalamenerapkan program ini terhadawarga sekolah, antara lain :
1.     Mengadakalomba penghidupatamasekolaantar kelas
2.     Pembentukaregu piket untuk merawat dan menata taman di Lingkungakelas
3.     Pembuatan Tata Tartisekolahg tentang taman kelas/sekolah.
4.     Kerja Bakti berama seminggu sekali dengan semua warga sekolah mengikutinya termasuk kepala sekolah karena dapat menjadi contoh kepada siswa-siswinya

Program MenghidupkaTamaSekolah diharapkan dapat bermanfaatantara lain:
1.     Menambah ketersediaan oksigen pada lingkungasekolah.
2.     Membujat sekolamenjadi lebitertata dengaindah
3.     Memberi rasa cinta terhadalingkungan kepada siswa.
4.     Sekolaterlihat lebiasri dan rindang
5.     Sekolah menjadi lebih sejuk hingga membuat warga sekolah lebih nyaman menjalankaaktifitasnya.
6.     Mengurangi polusi dalam lingkungasekolah
7.     Menjadikasiswa lebih nyaman berada di sekolah.

Rencana Program kerja tamaSMP Negeri Kunir, antara lain :
a.     Membuat program kerja
b.    Membentuk keanggotaan
c.     Memonitoring kerja anggota
d.     Mengkapling  taman  sekoilah  serta membagi  tuga tanggung  jawab  taman  sekolah  baganggota pokja
e.     Memunculka kegiata yang  mendukung  penghijaua da penataa tama sert ikon
Adiwiyata.
f.      Mengawasi keadaan taman yang di pelihara kelas masing-masing
g.     Menyusun laporan kegiatan
h.     Menjadi narasumber bagi sekolah binaasesuai pokjanya.

TAMAN DEPAN

1.     Taman depan di selatan ruang koperasi sekolah


Dtaman ini tumbuh beberapa jenis bunga puring, pohon tanjung, pohon sawo kecik, pohon trembesiwaru, belimbing wuluh, jambu bijijeruk lemon, jeruk kikitdan beberapjenis tanaman yang lain. Kemudiadi belakang taman ini tepatnya berhadapan dengan ruang laboratorium IPA, dan ruang multimediaada Green House dengan beberapa tanaman bunga indoor, berbagai jenianturiumdan bunga anggrek.

2.     Taman depan sebelah timur ruang guru
Di taman ini terdapat beberapa pohon palem ekor tupai di sebelah kanan dan kiri pintu masuk ruang guru, bunga pucuk merah, bunga kolbanda dengadaun hijasegar.

3.     Tamadepan ruang guru sebelah barat
DTaman depan sebelah baraterdapat beberapjenis tanaman diantaranya pohon cemara hutan, palem ponik, palem putri, sawo  kecik, beberapa rumpun  bungan  asoka merah  yang  selalu berbunga setiap hari 

TAMAN TENGAH

1.        Taman selatan ruang guru
      Taman ini berhadapan dengan ruang guru dengan tanaman bunga sabrina, Bunga asoka, bunga brokolibungan kupu-kupuirikuning, dan bungan pucuk merah, tanaman andong, pohon paleputripalekuning

2.     Tamadi depan ruang kelas 9 A dan B, dakelas C,D dengan bunga iris kuning, asoka, bunga andong, dan rimbunan pohon tanjung .


3.        Taman tengah di sekelilinlapangan basket
Di taman tengah ini terdapat lapangan basket, yandikelilingi pohon tanjung, pohosawkecikbunga pucuk merah, paleputridan berbagai tanaman bunga.


TAMAN BELAKANG

1.        Taman belakansekolah sebelah barat

2.    Taman belakansebelah selatan yang juga sebagai kebun belakang, dan kantin sekolah yanberaddi barat lapangan







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDUKSI ELEKTROMAGNETIK

MATERI PEMBELAJARAN IPA KELAS IX KEMAGNETAN DAN INDUKSI ELEKTROMAGNETIK Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh... Selamat datang di blok...